Jumat, 25 September 2009

Amankan Laptop Anda

Laptop yang selalu terkoneksi dengan internet membutuhkan perhatian dalam keamanannya. Karena didunia yang tak bertuan itu banyak sekali hal-hal yang mengancam keselamatan data penting maupun sistem Anda.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu.

Pastikan Os selalu update.
Setiap lubang keamanan yang menganga bisa menjadi ancaman yang serius apabila dibiarkan. Salah satunya menjadi jalan masuk program jahat yang bisa mengobrak-abrik sistem kita.

Dengan mengupdate rutin celah itu bisa segera ditutup. Dan kemungkinan bagi program jahat untuk menyusup bisa diperkecil.

Backup secara rutin.

Untuk berjaga-jaga saja apabila terjadi sesuatu dengan data penting Anda. Anda bisa melakukannya secara sederhana dengan meng-copy-nya dari laptop ke media lain seperti CD, DVD. Atau mungkin juga layanan penyimpanan online.

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi backup untuk memudahkan proses backup ini. Mulai yang gratis sampai berbayar. Tinggal pilih sesuai kebutuhan Anda.


Gunakan antivirus yang berkualitas.
Anda bisa menggunakan antivirus berbayar untuk mendapatkan pengaman yang lebih. Tapi bagi yang ingin gratis juga tidak apa. Yang terpenting harus selalu update. Karena hampir setiap saat selalu muncul virus baru.

Hati-hati mendownload.
Program freeware/shareware banyak tersebar di internet. Tapi Anda perlu berhati-hati dalam mengunduhnya. Unduhlah dari situs terpercaya yang direkomendasikan banyak orang. Jangan lupa juga untuk discan sebelum dijalankan.

Gunakan Firewall
Untuk memantau aktivitas lalulintas data yang keluar masuk. Untuk mencegah terjadinya transfer data yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar